Struktur-struktur direktori pada perangkat Linux

    Bagi para pengguna Linux yang masih awam atau baru memakai OS linux, mungkin belum mengetahui apa fungsi-fungsi dari direktori-direktori yang ada di perangkat Linux. Jika kita lihat dari struktur direktori direktori  di linux,  ada 12 direktori yang terdapat di Linux, yaitu :



Nah, diatas ini merupakan struktur dari direktori pada perangkat Linux. Para pengguna baru linux mungkin belum memahami struktur serta kegunaan dari direktori-direktori ini. Oleh karena itu, kita akan membahas nya satu per satu :

    1. / "Root Directory"

Ini merupakan direktori utama pada sistem operasi Linux, yang mana Root Directory ini membawahi direktori lainnya seperti /home, /etc, dan lain-lain.

Kita pasti pernah mendengar direktori "C:." di windows Namun kamu jangan terlalu menyamainya, karena keduanya sangat berbeda. Di windows, partisi akan dibagi berdasarkan drive, C:, D:, E:, dan seterusnya, sedangkan di Linux, pembagian partisi berada di dalam directory Root.

    2. /bin "Essential User Binaries"

Sesuai dengan namanya, direktori ini berisikan program biner yang harus ada untuk menjalankan perintah sistem. Direktori /bin memainkan peran penting dalam menjalankan sistem operasi Linux, karena file-file yang terletak di dalamnya digunakan untuk menjalankan perintah dasar yang diperlukan oleh sistem operasi untuk beroperasi dengan benar.

    3. /boot "Boot files"

Sesuai juga dengan namanya, direktori ini berisikan file yang diperlukan oleh sistem untuk melakukan proses booting. GRUB boot Loader dan kernel Linux tersimpan di dalam direktori ini karena direktori ini bisa digunakan ketika memuat kernel dan memulai sistem operasi.

    4. /dev

Pada sistem operasi Linux, setiap perangkat keras yang terhubung akan dianggap sebagai files, dan di direktori /dev inilah file-file khusus yang mempresentasikan perangkat-perangkat itu akan disimpan. Fungsi utamanya adalah menyediakan akses ke perangkat keras yang terpasang pada sistem melalui file yang dibuat oleh sistem operasi

    5. /etc "Configuration"

Direktori ini berisi file-file yang berfungsi untuk konfigurasi perangkat linux. Kita juga bisa mengedit file-file di direktori ini menggunakan text editor.

    6. /home

Direktori ini merupakan direktori yang biasanya digunakan sebagai home directory masing-masing user. Fungsi utamanya adalah menyimpan file-file pribadi yang dibuat oleh masing-masing user. Setiap user biasanya memiliki direktori pribadi di dalam direktori /home, dengan nama yang sesuai dengan nama pengguna tersebut. Contohnya, jika ada pengguna bernama "Eldenmid", maka direktori "Eldenmid" akan terletak di dalam direktori /home dengan path directory /home/Eldenmid.

    7. /root

Direktori ini merupakan Home directory-Nya superuser. Bukan terletak di /home/root, melainkan folder tersendiri, yaitu di /root. Catatan, ini berbeda dengan "/" yang merupakan sistem directori utama.

    8. /sbin

direktori yang berisi file biner yang diperlukan untuk menjalankan perintah sistem dan sama seperti direktori /bin. Bedanya, direktori ini hanya dapat dijalankan oleh superuser.

    9. /tmp

Direktori untuk menyimpan sementara file-file Linux hingga sistem dimatikan. Lebih tepatnya adalah menyediakan tempat penyimpanan sementara bagi file yang dihasilkan oleh sistem dan aplikasi pada saat sistem sedang berjalan, tetapi tidak diperlukan setelah sistem dimatikan.

    10. /usr

Berisi aplikasi dan file yang digunakan oleh pengguna, sebagai lawan aplikasi dan file yang digunakan oleh sistem. Misalnya, aplikasi non-essensial yang terletak di dalam direktori /usr/bin bukan pada /bin.

    11. /var

Direktori /var di Linux adalah direktori yang digunakan untuk menyimpan file yang dihasilkan oleh sistem operasi dan aplikasi saat sistem sedang berjalan serta diperlukan setelah sistem dimatikan. Direktori /var biasanya terletak di bawah direktori root (/) pada struktur file sistem, dan biasanya terdiri dari beberapa subdirektori seperti /var/log, /var/run, dan /var/spool.

Sebenarnya masih ada direktori lain, selain ke 11 direktori tersebut. Akan tetapi saya hanya akan membahas tentang direktori-direktori ini saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur-struktur direktori pada perangkat Linux"

Posting Komentar